LOMPAT TINGGI HALANG RINTANG UNTUK KEBERANIAN, KESENANGAN DAN PERCAYA DIRI KELAS V

Main Article Content

Bagus Kritianto Setiawan
tri nurharsono
Agus Widodo Suripto

Abstract


Dari observasi awal yang dilakukan di SD Negeri Dukuhwaru 01. SebesarĀ  70% dari 44 siswa tidak mampu melakukan lompatan setinggi 70 cm dalam pembelajaran lompat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa ada suatu masalah dalam pembelajaran dan perlu adanya modifikasi dalam pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji skala kecil dan revisi, uji skala besar dan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase 86,67% dengan kriteria baik. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 82,67% dengan kategori baik. Data hasil kuesioner siswa uji skala besar diperoleh persentase 86,90% dengan kategori baik. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa lompat tinggi halang rintang dapat meningkatkan keberanian, kesenangan dan percaya diri siswa serta dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.
Abstract

From the preliminary observations made in elementary school Dukuhwaru 01. 70% of the 44 students are not able to jump as high as 70 cm in learning the high jump. This suggests that there is a problem in learning and the need for modifications in learning. The method of research is developing. The procedures of product development include product analysis, develop initial products, expert validation, and revision, and revision test small scale, large scale testing and end product. Collecting data using interviews, documentation, and questionnaires were obtained from expert evaluation and the results of questionnaires by students. The data analysis technique used is descriptive percentages. From the test results obtained percentage of 86.67% proficient with good criteria. Data results of the questionnaire students in small group testing percentage of 82.67% is obtained with good category. Data results of large-scale test student questionnaires percentage of 86.90% is obtained with good category. Based on survey data, it was concluded that the high jump hurdles to increase courage, joy and self-confidence of students and can be used in learning penjasorkes.

Article Details

Section
Articles