PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA VOLI ”KASVOL” (KASTI VOLI) DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES

Main Article Content

Banu setiawan
endang sri hanani
ranu baskora putra

Abstract

Abstrak

Rumusan masalah : Bagaimana model pengembangan proses belajar mengajar penjasorkes melalui bola voli “kasvol” bagi siswa sekolah dasar siswa kelas V SD N Kuripan Lor 01. Menghasilkan model pembelajaran bola voli “kasvol” (kasti voli) dalam pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V Sekolah Dasar.
Metode : Pengembangan ini  adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Punaji Setyosari yang telah dimodifikasi. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk.Hasil : Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 72 % (baik), ahli pembelajaran 74 %(baik), uji oba kelompok kecil 66,11 % (baik), dan uji coba lapangan 69,42 % (baik). Dari data yang ada.
Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran permainan bola kasvol ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes bagi siswa SD N Kuripan Lor 01 Pekalongan. Saran :. Produk Pengembangan model permainan kasvol dapat di pakai sebagai alternatif dalam proses pembelajaran penjasaorkes pada siswa Sekolah Dasar Negeri Kuripan Lor 01.
Abstrac
Methods: This is a research development refers to the development of a model of the developFormulation of the problem: How to model the development of teaching and learning through volleyball penjasorkes ”kasvol” for elementary school students of class V SD N Kuripan Lor 01. Produce learning model volleyball ”kasvol” (rounders volleyball) in learning penjasorkes for Elementary School fifth grade students. The data was collected using a questionnaire derived from expert evaluation, small group testing, and field trials. Data such as the results of an assessment of the quality of products, suggestions for improvement of the product, and the results of questionnaires by students. The data analysis technique used is descriptive percentage to reveal aspects of psychomotor, cognitive, and affective student after using produk.Hasil: From the test results obtained by the expert evaluation data, expert penjas 72% (good), a study 74% (good), oba small test group 66.11% (excellent), and field-testing 69.42% (excellent). From the existing data.

Conclusion: It is concluded that the model of learning kasvol ball games can be used in the learning process fo.

Article Details

Section
Articles