PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN RENANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN MOTOR BOAT ESTAFET

Main Article Content

Solis Sungkowo
Hermawan Pamot Rahardjo
supriyono ;

Abstract

Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model pembelajaran renang melalui pendekatan bermain motor boat estafet pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Bojongsari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran renang melalui pendekatan bermain motor boat estafet pada siswa kelas IV SD Negri 02 Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga Tahun 2011/2012. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : 1) melakukan pendahuluan dan pengumpulan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2) mengembangkan bentuk produk awal, 3) evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, 4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil, 5) uji kelompok besar, (6) revisi produk yang dilakukan berdasarkan uji kelompok besar, 7) hasil model pembelajaran renang melalui pendekatan bermain motor boat esafet pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Bojongsari yang dihasilkan melalui revisi uji coba kelompok besar. Kesimpulan penelitian pengembangan model pembelajaran renang melalui pendekatan bermain motor boat estafet layak digunakan untuk pembelajaran renang bagi siswa sekolah dasar karena dapat membawa suasana pembelajaran yang lebih menarik dan meningkatkan keterlibatan seluruh siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Abstract

The problem in this research is how pool model of learning through play approach relay on a motor boat Elementary School fourth grade students 02 Bojongsari. The purpose of this study was to produce a learning model approach play pool  estaffet motor boat at the fourth grade students Negri 02 Bojongsari, District Bojongsari, Purbalingga Year 2011/2012.
The method of research is the development of a model refers to the development of Brog and Gall have been modified, namely: 1) conduct a preliminary and collection of information, including field observations and literature review, 2) develop a form of the initial product, 3) expert evaluation using a single expert penjas and a learning expert, 4) the first product revision, the revision of the product based on the results of expert evaluation and test small groups, 5) test groups, (6) product revision is done by testing a large group, 7) the results of learning model approach play pool estafet motor boat at elementary School fourth grade students 02 Bojongsari generated through the revision of the test group.
Conclusions: model development approach to learning through play pool relay decent estaffet motor boat used for swimming lessons for elementary school students because it can bring a more exciting learning environment and increase the involvement of all students to be active in following of learning.

Article Details

Section
Articles