PENGEMBANGAN PERMAINAN TOLAK SASARAN DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2011/1012

Main Article Content

Heri Siswanto
Cahyo Yuwono
Supriyono ;

Abstract

Abstrak
Permainan tolak peluru dengan sarpras dan peraturan yang sebenarnya adalah permainan yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa, sedangkan siswa dituntut untuk bisa menguasai teknik dan permainan tolak peluru dengan baik. Dengan melihat kenyataan tersebut di lapangan, perlu pengembangan pembelajaran dengan suatu modifikasi permainan tolak sasaran.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dimana prosedur pengembangan permainan tolak sasaran ini yaitu: (1) Analisis kebutuhan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Uji coba produk (4) Revisi produk pertama (5) Uji lapangan (6) Revisi produk akhir dan (7) Hasil akhir. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 83,7% memenuhi kriteria baik dan hasil analisis data uji lapangan diperoleh persentase sebesar 93% memenuhi kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk permainan tolak sasaran dalam pembelajaran tolak peluru sudah dapat dipraktikkan kepada subjek uji coba  yaitu pada siswa kelas VII SMP  3 Cepiring Kendal. Dalam pengembangan model permainan tolak sasaran sebaiknya: (1) dibuat suatu permainan yang menarik sehingga tidak menjadikan siswa menjadi bosan, (2) masih perlu adanya sebuah pengembangan yang lebih lanjut yang tentunya disesuaikan dengan kondisi fasilitas yang tersedia di sekolahan, sehingga pembelajaran permainan tolak sasaran dapat digunakan lebih efektif lagi dan menyenangkan.
Abstract

Games shot put with facilities and regulations which in fact is the game that were not appropriate to the characteristics of the students, while the students are required to be able to master the technique and the shot put with a good game. By looking at the reality on the ground, keep learning development with a targeted modification of the game starting.
The method of research is are: (1) needs analysis, (2) making the initial product, (3) test the product; (4) Revision of the first product, (5) field test, (6) Revision of the final product, and (7) The final result. After doing research on the development of data analysis models starting game target, based on the analysis of a small group of test data obtained percentage of 83.7% meet both criteria and obtained a percentage of 93% met the criteria very well.
Based on these results, we can conclude that the products of learning objectives in the game starting shot put is practicable to subject test. In developing the game model should reject targets: (1) made an interesting game so it does not make the students become bored, (2) is still the need for a further development of the course.



Article Details

Section
Articles