PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI BAN BEKAS BOLA PLASTIK

Main Article Content

Irna Istiana
Prapto Nugroho
Mohhamad Annas

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cokro Kecamatan Blado Tahun Pelajaran 2011/2012 berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki – laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah tes praktik, dan observasi. Analisis data adalah deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase. Nilai rata – rata hasil tes dari 20 siswa yang dilakukan pada siklus I adalah 69,25 sedangkan siklus II adalah 74,05. Terdapat peningkatan yang signifikan dari sikulus I dan siklus II yaitu siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan prosentase  65 % sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 19 siswa  dengan jumlah persentase 95%.Kesimpulannya adalah penggunaan media bankasbotik meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dan dapat membantu guru dalam pembelajaran sehingga efektif untuk diterapkan. Hasil penelitian yang diperoleh, saran yang diberikan peneliti adalah: 1) media ban bekas dan bola plastik dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok sehingga guru PJOK dapat menggunkan media tersebut, 2) hendaknya dalam pembelajaran PJOK hendaknya guru lebih sering menggunakan alat peraga dan selalu berinovasi sehingga merangsang siswa untuk menyukai materi yang diajarkan dalam pembelajaran.
Abstract

This research is a classroom action research conducted in two cycles. This study was conducted at Cokro Elementary School District Blado Batang. The subjects used in this study were students of class V Cokro Elementary School District Blado academic year 2011/2012 amounted to 20 students consisting of 16 male students - male and 4 female students. Analysis of the data used in descriptive analysis is by using percentages. Value - average test results of 20 students who performed in the first cycle was 69.25, while in the second cycle was 74.05. There is a significant increase from siklus I and II cycle that students who pass as many as 13 students with a percentage of 65%, while in the second cycle students who pass the 19 students with a total percentage of 95%. From the results obtained, the advice that can be given researchers are: 1) The media used tires and plastic ball can improve learning outcomes long jump squat style so teachers of PE use the media, 2) should be in the learning of PE teachers should more often use the media and always innovating so as to stimulate students to love the material taught in the lesson.

Article Details

Section
Articles