PENERAPAN MODEL PENDEKATAN BERMAIN BERBURU HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU

Main Article Content

Yeni Arifah
Tandiyo Rahayu
mugiyo hartono

Abstract

Abstrak

Yeni Arifah, 2012. Skripsi. Penerapan model pendekatan bermain berburu hewan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas VI SD Negeri 03 Kalitorong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun 2012, jurusan PJKR. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.
Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui penerapan model pendekatan bermain berburu hewan pada siswa kelas VI SD Negeri 03 Kalitorong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun 2012, dilihat dari aspek kognitif, afektif, psikomotor, dan fisik.
Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas 03 Kalitorong Kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang, yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 24 anak dengan 11 siswa putra dan 13 siswa putri. Teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa, instrumen analisis gerak dasar serta tes praktik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Aktivitas guru pada siklus pertama 79.1 %, sedang pada siklus kedua mencapai 91.6 %. mengalami kenaikan sebesar 12.5%. Dengan indikator ketercapaian sebesar 80%, dan hasil dari siklus kedua dikatakan berhasil dan mempunyai kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 73 %, pada siklus kedua mencapai 93.3 %, naik sebesar 13.3%.
Berdasarkan hasil pembahasan tersebut di atas, maka dapat disimpulkan : penerapan model pendekatan bermain berburu hewan, dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa, suasana kelas pun menjadi lebih menyenangkan, serta siswa menjadi tidak jenuh dengan pembelajaran tolak peluru, sehingga kemampuan siswa dalam pembelajaran tolak peluru meningkat.

Article Details

Section
Articles