MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA SIMPAI DALAM PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Article Content

Trisnawati ;
Hermawan Pamot Raharjo
Mugiyo Hartono

Abstract

Abstrak
Sosialisasi olahraga bola voli melalui sekolah ternyata cukup efektif karena bola voli merupakan salah satu bentuk permainan yang dapat dipelajari dan dimainkan oleh anak-anak tingkat satuan dasar dan perguruan tinggi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana model permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas bola voli pada siswa SMP. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pengembangan permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas bola voli pada siswa SMP. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 72% (baik), ahli pembelajaran I 98,67% (sangat baik), ahli pembelajaran II 93,33 (sangat baik), uji coba kelompok kecil 89,40% (baik), dan uji lapangan 93,58% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas ini dapat digunakan bagi siswa SMP. Dari hasil tersebut disimpulkan model pengembangan permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas bola voli termasuk kategori sangat baik, sehingga dapat digunakan dalam pembelajara pernjas orkes.
Abstract
Socialization through school sport volleyball is quite effective because volleyball is one of the games that can be learned and played by children basic unit level and college. Formulation of the problem of this research is how to model the learning game of hoops in passing the volleyball in junior high school students. The purpose of this study to produce a model of the development of the game passing the ball loops in learning the game of volleyball at the junior high school students. The method of research is developing. The procedures include analysis of product development product that will be developed, developing initial products, expert validation, and revision, testing and revision of the small group, large group and test the final product. The data was collected using field observations and questionnaires were obtained from the results of expert evaluation and student questionnaires. The data analysis technique used is descriptive percentages. From the test results obtained by the expert evaluation data, expert penjas 72% (good), a lesson I 98.67% (excellent), a learning II 93.33 (very good), a small test group 89.40% (good), and a field test 93.58% (excellent). From the available data it can be concluded that the models in the learning game of passing the hoop can be used for junior high school students. From these results we concluded hoop ball game development model in learning volleyball including passing the class very well, so it can be.

Article Details

Section
Articles