FAKTOR KESULITAN BELAJAR BAHASA JAWA RAGAM KRAMA SISWA SMP NEGERI 40 SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fina Dwi Anisa Puspitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan siswa SMP N 40 Semarang mengalami kesulitan dalam keterampilan berbicara bahasa Jawa krama pada lingkup sekolah dan keluarga dan untuk mendeskripsikan relevansi antara faktor kesulitan belajar bahasa Jawa krama dengan pembelajaran bahasa Jawa di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari narasumber yang terdiri dari siswa, guru, dan orang tua. Tahap pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor yang menyebabkan kesulitan belajar bahasa Jawa krama siswa SMP N 40 Semarang terdiri dari dua faktor yaitu faktor bahasa dan non bahasa. Faktor bahasa terdiri dari penggunaan bahasa dan kosakata bahasa, sedangkan faktor non bahasa terdiri dari peran guru, suasana di rumah, sarana dan prasaran belajar di rumah, dan hubungan orang tua dengan anaknya. Kesulitan belajar bahasa Jawa krama yang dialami siswa menyebabkan siswa menjadi kurang paham maksud dari bahasa Jawa krama yang diajarkan oleh guru sehingga mengganggu pada saat pembelajaran bahasa Jawa di sekolah. Dengan demikian, terdapat relevansi antara kesulitan belajar bahasa Jawa ragam krama dengan pembelajaran bahasa Jawa di sekolah.


 


This study purpose to describe about the faktor that caused the student of Semarang State Elementary School 40 having a trouble in skill speaks Java Language krama variety in school and family and to describe the relevance between a faktor in trouble learned the Java language krama variety with learned Java language at school. The used in this study is descriptive qualitative approach. The serach of the data in this study obtained from informant that consist of student, teacher, and parents. The data collection use an observation technique, questioner, and interview. The result of this study is a faktor that led to the student trouble of learning Java language krama variety in Semarang State Elementary School 40 consists of two faktors, there are faktor that led to the student trouble of learning Java language krama variety in Semarang State Elementary School 40 consists of two faktors they are language faktor and non langauge. Language faktor consists of the used language and vocabulary language, whereas non language faktor consists of the role of a teacher, the atnosphere at home, the means and infrastructure to learned at home, and parents with children relationship. the student trouble of learning Java language krama variety that experienced the student led to them to be understand the mean of Java language krama variety that the teacher learned until offend when learning java language at school. Thus, exist relevance between the student trouble of learning Java language a variety krama with learned java language at school.


Keywords: speaking, Java language in krama variety, trouble Java language in krama variety, learning Java language

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Puspitasari, F. (2017). FAKTOR KESULITAN BELAJAR BAHASA JAWA RAGAM KRAMA SISWA SMP NEGERI 40 SEMARANG. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 5(1), 28-33. https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v5i1.20509

References

Mulyana. 2008. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah dalam Kerangka Budaya. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nurjamal, Daeng, Warta Sumirat & Riadi Darwis. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Suseno, Frans Magnis. 1985. Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.