PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KONTEKS DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SESUAI UNGGAH-UNGGUH BASA BAGI SISWA KELAS VII SMP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa mengenai media kartu konteks dalam pembelajaran berbicara sesuai unggah-ungguh basa, bagaimana prototipe, dan hasil uji validasi media kartu konteks dalam pembelajaran berbicara sesuai unggah-ungguh basa. Desain penelitian R&D (Research and Development) menggunakan enam tahapan sebagai berikut. (1) Dibutuhkannya media kartu konteks dalam pembelajaran berbicara sesuai unggah-ungguh basa. (2) Prototipe media kartu konteks dalam pembelajaran berbicara sesuai unggah-ungguh basa. (3) Hasil uji coba validasi menyatakan bahwa media tersebut termasuk pada kriteria sudah baik dan layak untuk diujicobakan dalam pembelajaran di suatu sekolah.
This research has purposes for knowing the teacher’s and the student’s requirement about the context card media in the speaking learning that appropriate with ungguh-ungguh basa, how prototipe, the result of validation test card media in the speaking learning that appropriate with unggah-ungguh basa. The R&D (Research and Development) research design using six stages like these. (1) The necessity of the context card media in the speaking learning that appropriate with ungguh-ungguh basa. (2) The prototipe of the context card media in the speaking learning that appropriate with unggah-ungguh basa. (3) The result of validation test explained that those media has included in the good criteria and become proper for being tested in the aspect of the learning in some schools.
Keywords: speaking learning, The context card media in Javanese language.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Harjawiyana, Haryana dan Th. Supriya. 2001. Marsudi Unggah-Ungguh Basa Jawa. Yogyakarta: Kanisius.
Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tarigan. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.