PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERGAMBAR TOKOH WAYANG UNTUK SISWA KELAS 2 SD
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Seperti yang disebutkan di dalam kurikulum 2013 pada kompetensi dasar 3.1 disebutkan bahwa materi yang harus diajarkan adalah mengenal tokoh Pandawa dan Punakawan.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media puzzle bergambar tokoh wayang pandawa untuk siswa kelas 2 SD, (2) bagaimana prototipe media puzzle bergambar tokoh wayang pandawa untuk siswa kelas 2 SD, dan (3) bagaimana hasil uji validasi media puzzle bergambar tokoh wayang pandawa untuk siswa kelas 2 SD.Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D).Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas 2 SD di SD 1 Tanjungrejo Kudus dan SD 9 Tanjungrejo Kudus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah media yang berbentuk permainan puzzle dan deskripsi pengenalan tokoh wayang Pandawa.
As mentioned in the 2013 curriculum, on basic competence 3.1 mentioned the material that will be taught are 1. How is the teachers and students needs to the development of puzzle media pictorial puppet character Pandawa for students of grade 2 SD. 2. How is prototype puzzle media pictorial Pandawa puppet character for grade 2 elementary school. 3. How is the result of validation test for puzzle media with Pandawa puppet characters for 2nd grade students. This research uses R & D approach. the data source in this research is the students and the 2nd grade elementary school in SD 1 Tanjungrejo Kudus and SD 9 Tanjungrejo kudus. Data collection techniques that used were observations, interviews, and questionnaires. Data analysis technique that used in this research is qualitative descriptive technique. The result of this research is a media in the form of puzzle game and description of Pandawa puppet character introduction.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Jakarta :Rajawali Pers.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fadlilah, Eli. 2011. Pengembangan Media VCD Latihan Dasar Teater untuk Siswa SMA Sebagai Persiapan Bermain Peran. Tugas Akhir. Universitas Negeri Semarang.
Fatimah, Nuri. 2015. Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar Wayang Pandawa untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas IV SD Wonosari IV. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Cita Aditya Bakti.
Hamari, J. 2015. Challenging Games Help Students Learn: An Empirical Study Engagement, Flow and Immersion in Game-Based Learning. Journal Computers in Human Behavior. Volume 54: 170-179.
Hasani, Nur Iswanti. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Jawa Mengenai Tokoh Wayang Pandawa Lima untuk Siswa Sekolah Dasar. Tesis: Universitas Negeri Surakarta.
Kozma, R. B. 1991. Learning with Media. Review Of Educational Research. Volume 61, nomor 2: 179-212.
Nugiyantoro, Burhan. 2011. Wayang dan Pengembanagan Karakter Bangsa. Jurnal UNY. Oktober 2011. Tahun 1, nomor 1. Universitas Negeri Yogyakarta.
Richardson, J. T. E. Dan Vecchi. 2002. A Jigsaw Puzzle Imagery Task For Assesing Active Visuospatial Processes in Old and Young People. The Journal Behavior Research Methods. Volume 34, nomor 1: 69-82.
Rodenbaugh, H. R. 2014. Having Fun and Accepting Challenges are Natural Instinets: Jigsaw Puzzles to Challenge Students and Test their Abilities While Having Fun!. Journal Advances in Physiologi Education. Volume 38: 185-186.
Rusmiasih, Rini. 2008. Pengembangan Stategi Pembelajaran Kompetensi Membaca Cerita Wayang dengan CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran Mandiri untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMP. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
Saiputri, Adelia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Wayang pada Materi Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Utomo, Tyas Arif. 2010. Pengenalan Tokoh Pewayangan Jawa menggunakan Macromedia Flash. Tugas Akhir. Universitas Sebelas Maret.
Wahyuni, Sri. 2015. Audio Visual Wayang Jemblung sebagai Media Pembelajaran Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Banyumas. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Winanti, Septika. 2014. Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
______. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.