PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN (EKSPERIENSIAL GYM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII SMPLB C/C1 YPAC SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hesti Kusumaningrum

Abstract

Keterampilan berbahasa meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menyimak cukup dikenal di dunia pendidikan. Pada umumnya para guru menyampaikan materi dalam pembelajaran secara lisan, dan siswa berkewajiban untuk menyimaknya dengan baik. Siswa yang memiliki kemampuan menyimak rendah, akan mendapat hambatan dalam menerima materi yang disampaikan. Keadaan tersebut tentu saja berakibat buruk terhadap keterampilan berbahasa yang lain, yaitu keterampilan membaca, menulis, dan berbicara. Beberapa fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran menyimak berbahasa Jawa di SMPLB mengalami beberapa kendala, oleh karena itu guru perlu merancang model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak SMPLB.

 

Language skills covers listening skills, speaking, reading, and writing. Listening skills were well known in the world of education. In general, the teachers present material in verbal learning, and students are obliged to listen for them properly. Students who have poor listening skills, be challenged in receiving the material presented. The situation is of course bad for the other language skills, namely reading, writing, and speaking. Some facts on the ground indicate that the Java language in learning listening SMPLB having some problems, so teachers need to design learning model is interesting and appropriate to the needs of children SMPLB.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kusumaningrum, H. (1). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN (EKSPERIENSIAL GYM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII SMPLB C/C1 YPAC SEMARANG. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 1(1). https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v1i1.2389

References

A.Mulyasa, Adnan H, Indriatmoko, dan A. Moelino M. 2008. Belajar sambil Mengajar Menghadapi Perubahan Sosial
Hesti Kusumaningrum / Piwulang Jawi / 2 (1) (2013)
5
untuk Pengelolaan Sumberdaya Alam. Bogor: Center for International Forestry Research (CIFOR). http://books.google.co.id/books?id=TINgE9R6UDoC&pg=PA46&dq=pembelajaran+menyimak&hl=id&sa=X&ei=pxQuUcCzA4K0rAeI8YEQ&redir_esc=y#v=onepage&q=pembelajaran%20menyimak&f=false . (diunduh tanggal 27 Feb 2013 pukul 21.41).
Andri, Yanuarita Franc. 2012. Memaksimalkan Otak melalui Senam Otak (Brain Gym). Yogyakarta: Teranova Books.
Asih Mulya, Lara. 2011. Klasifikasi Tuna Grahita. http://tunagrahita.com/2011/04/klasifikasi-anak-tunagrahita/ (diunduh tanggal 31 maret 2012 jam 22.13).
Budi Santoso, Satmoko. 2010. Sekolah Alternatif, Mengapa Tidak ?!. Yogyakarta: DIVA Press.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmayanti, Nani. 2007. Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Semenja (Kelas X). Bandung: PT. Grafindo Media Pratama. (diunduh tanggal 28 Feb 2013 pukul 23.50).
Daymon, Christine dan Immy Holloway. 2008. Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications.terjemahan Cahya Wiratama. hal. 275. PT. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.
Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus: dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Edisi ke-6. Jakarta: PT. Indeks.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Hermawan, Herry. 2012. Menyimak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Indriana, Dina. 2011. Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: DIVA Press.
Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Izzaty, Eka Rita, Siti Partini Suardiman, Yulia Ayriza Purwandari, Hiryanto, dan Rosita E. Kusmaryani. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Joyce, Bruce dkk. 2009. Models of Teaching.Edisi ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kustawan, Dedy. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Nur, Saptanti Sari. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Menyimak Fabel dengan Pembelajaran Produktif dan Multimedia Komputer. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, Hasanah. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Brain Gym Terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Tunagrahita. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo.
Sri, Warni Dewi. 2010. Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia
Hesti Kusumaningrum / Piwulang Jawi / 2 (1) (2013)
6
Kompetensi Menulis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru SMP Negeri di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Su’udi. 2002. Model Alternatif Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Berbasis Konteks Sosiokultural di Sekolah Dasar. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-16. Bandung: ALFABETA
Sutari, Ice dkk. 1998. Menyimak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, Guntur Henry. 2008. Menyimak. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konst