KESALAHAN BERBAHASA PADA SOAL-SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SD NEGERI SE-KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2012/2013
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Jawa pada soal-soal ulangan akhir semester gasal SD Negeri se-Kabupaten Pati tahun ajaran 2012/2013 ditinjau dari tataran-tataran linguistik. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsi bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Jawa yang terdapat pada soal-soal ulangan akhir semester gasal SD Negeri se-Kabupaten Pati tahun ajaran 2012/2013 ditinjau dari tataran-tataran linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kesalahan berbahasa (pendekatan teoritis) dan pendekatan kualitatif deskriptif (pendekatan metodologis). Sumber data penelitian yang digunakan yaitu naskah soal-soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran bahasa Jawa SD Negeri se-Kabupaten Pati tahun ajaran 2012/2013.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Jawa pada soal-soal ulangan akhir semester gasal SD Negeri se-Kabupaten Pati tahun ajaran 2012/2013 terdapat pada tataran linguistik fonologi, morfologi, sintaksis (frasa, klausa, kalimat), dan semantik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang bisa diberikan yaitu bagi guru maupun tim penyusun soal agar lebih memperhatikan kaidah kebahasaan dalam penyusunan soal. Selain itu, hendaknya ada penelitian lainnya mengenai penelitian kesalahan berbahasa Jawa pada soal-soal ulangan akhir semester (UAS) dengan sudut pandang yang berbeda oleh peneliti.
The problem studied in this research is what forms the Javanese language guilt issues final replay odd semester Elementary School as Pati academic year 2012/2013 in terms of the level - linguistic level . In connection with the issue , this study aims to decrypt the forms contained errors in the Java language questions odd semester final replay Elementary School as Pati academic year 2012/2013 in terms of the level - linguistic level . This study uses language error analysis approach ( theoretical approach ) and qualitative descriptive approach ( methodological approach ) . Sources of data used in this study is the script issues final replay odd semester subjects Javanese primary school as Pati academic year 2012/2013 .Results of this study indicate that the fault forms the Java language questions odd semester final replay Elementary School as Pati academic year 2012/2013 are at the level of linguistic phonology , morphology , syntax ( phrases , clauses , sentences ) , and semantics . Based on these results , the advice that can be given to teachers as well as the drafting team to be more concerned about the rules of language in a matter of preparation . In addition , there should be more research on the Java language error research questions replications end of the semester ( UAS ) with a different point of view by the researchers .
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
--------2003. Linguistik Umum. Cetakan ke- 2. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Enre. Fachruddin Ambo. 1998. Dasar-Dasar Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Faradisa, Ihda. 2011. Kesalahan Berbahasa pada Soal-Soal Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Gudai, Darmansyah. 1989. Semantik Beberapa Topik Utama. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Indriyana, Novita. 2009. Analisis Kesalahan Penulisan Kata dan Tanda Baca pada Buku Teks Bahasa Jawa Pinter Basa Kelas VIII Semester I Terbitan Sumber Ilmu. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2007. Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Carasvatibooks.
Kusmiati. 2010. Variasi Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Magelang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Lass, Roger. 1991. Fonologi: Sebuah Pengantar untuk Konsep-Konsep Dasar. Terjemahan Warsono, dkk. Semarang: IKIP Semarang Press.
Mangunsuwito. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Jawa. Bandung: CV. Yrama Widya.
Nikelas, Syahwin. 1988. Pengantar Linguistik untuk Guru Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Nurastuti, Wiji. 2007. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ARDANA MEDIA.
Oka, G.N dan Suparno. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rahmawati, Nopika Ika. 2010. Kesalahan Berbahasa Jawa pada Papan Nama Pertokoan
di Kabupaten Pemalang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Ramlan, M. 1987. Sintaksis. Cetakan ke-5 Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Karyono.
Sasangka, Sry Satriya Tjatur Wisnu. 2008. Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa. Jakarta: Yayasan Paramalingua.
Soejono dan Abdurrahman H. 1999. Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryanto. 1991. Tata Bahasa Baku Bahasa Jawa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
--------1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, Djago dan Lilis Siti Sulistyaningsih. 1997. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Tarigan, Henry Guntur. 1995. Pengajaran Morfologi. Bandung: Penerbit ANGKASA.