DIMENSI KONTESKTUAL PADA BAHAN AJAR GURU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA JENJANG SMA/SMK DI PURWOKERTO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dani Prihastuti

Abstract

Dani Prihastuti


Ucik Fuadhiyah, S.Pd.,M.Pd.


Mujimin, S.Pd.,M.Pd.


Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, FBS, UNNES


E-mail: [email protected]


 


ABSTRACT


      This study aims to describe the contextualization of teacher teaching materials based on the 2013 curriculum in Javanese / high school / vocational language subjects in Purwokerto. The approach used in this study is a descriptive qualitative approach. Data collection techniques in this study are document review and interviews. The data source in this study is in the form of text studies. The instruments in this study used content analysis techniques. Based on the analysis, the majority of teaching materials used are printed teaching materials namely panginyongan textbooks, magazines and modules and given material from other sources originating from the internet. The results of the analysis show that from fifteen basic competencies, which meet the contextual criteria there are nine basic competencies. In basic competencies that meet contextual criteria, eighteen contextual teaching materials are obtained. The basic competencies included in the criteria for personal contestation are four and there are seven contextual teaching materials. Furthermore, there are five basic competencies and five contextual teaching materials. In cultural contextual criteria there are five basic competencies and six teaching materials that meet contextual criteria.


  Keyword: 2013 curriculum contextual dimensions, teaching materials


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikam wujud kekontekstualan bahan ajar guru berdasarkan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran bahasa Jawa jenjang SMA/SMK di Purwokerto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah telaah dokumen dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa kajian teks. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan analisis, bahan ajar yang mayoritas digunakan adalah bahan ajar cetak yakni buku paket, majalah dan modul panginyongan serta diberikan materi dari sumber lain yang berasal dari internet. Hasil analisis menunjukan dari lima belas kompetensi dasar, yang memenuhi kriteria kotekstual ada sembilan kompetensi dasar. Pada kompetensi dasar yang memenuhi kriteria kontekstual, didapatkan delapan belas bahan ajar yang kontekstual. Kompetensi dasar yang termasuk dalam kriteria kontestual pribadi ada empat dan terdapat tujuh bahan ajar yang kontekstual. Selanjutnya, kriteria kontesktual sosial terdapat lima kompetensi dasar dan lima bahan ajar yang kontekstual. Pada kriteria kontekstual budaya terdapat lima kompetensi dasar dan enam bahan ajar yang memenuhi kriteria kontekstual.


Kata Kunci : dimensi kontekstual, kurikulum 2013,bahan ajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prihastuti, D. (2020). DIMENSI KONTESKTUAL PADA BAHAN AJAR GURU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA JENJANG SMA/SMK DI PURWOKERTO. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 7(2), 62-69. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.30370