PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS SANDIWARA DENGAN PENGEMBANGAN STRUKTUR ALA KERNODLE PADA SISWA KELAS IX-F SMPN 10 SEMARANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Guru pengampu Bahasa Jawa mengaku telah berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kompetensi menulis teks sandiwara. Kegitan yang dilakukan dalam proses pembelajaran ini adalah membimbing siswa bekerja secara kelompok. Di samping itu, digunakan pula media audiovisual untuk merangsang minat dan ide siswa dalam menuangkan gagasannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks sandiwara dengan pengembangan struktur ala Kernodle pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 10 Semarang, Jawa Tengah. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IX-F SMP Negeri 10 Semarang.. Data diambil lewat tes hasil belajar dan lembar observasi. Melalui metode ‘Classroom Action Reasearch’ yang berisi perencanaan, observasi, dan evaluasi, data yang diusung memuat hasil yang signifikan. Analisis kuantitatif dan kualitatif mendukung proses identifikasi data. Berdasarkan hasil evaluasi, penelitian tindakan kelas ini ini mampu meningkatkan kemampuan menulis teks sandiwara lewat pengembangan struktur ala Kernodle. Berdasarkan hasil tes siklus I, diperoleh nilai rerata 78.44 dari 32 siswa. Secara klasikal, ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 78.44 atau meningkat 10.44%. Ketuntasan belajar sudah sesuai dengan target, yaitu di atas 75% dengan nilai KKM 75.