Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Main Article Content

Erika Dwi Anggraeni
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang penting untuk dipelajari dalam berbagai tingkatan pendidikan. Dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika, salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki peserta didik dan penting untuk dikembangkan adalah kemampuan pemecahan masalah. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di Indonesia berdasarkan hasil studi Programme for International Student Assesment (PISA) masih tergolong rendah. Untuk itu pengembangan bahan ajar yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dirasa perlu. Pengembangan bahan ajar matematika berbantuan GeoGebra melalui model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dapat dijadikan pilihan yang tepat dalam menunjang proses pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga tujuan dalam suatu pembelajaran dapat tercapai. Pemanfaatan GeoGebra sangat cocok digunakan dalam bidang geometri, salah satunya pada materi bangun ruang sisi datar. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana pengembangan bahan ajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Dari hasil pembahasan, hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK, dan bahan ajar matematika berbantuan GeoGebra saling berkaitan, sehingga pengembangan bahan ajar matematika berbantuan GeoGebra pada materi bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, E., & Dewi, N. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 179-188. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44959
Section
Articles

References

Apriyani. (2010). Penerapan Model Learning Cycle “5E” dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP N 2 Sanden Kelas VIII pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, N. R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Dewi, N. R. & Arini, F.Y. (2018). Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang
Hidayat, W. & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109-118.
Jamaluddin, N. H. (2019). Pegembangan Bahan Ajar Berbasis GeoGebra pada Materi Transformasi Geometri Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Mangarabombang Kab. Takalar. (Skripsi). UIN Alauddin Makassar. Makassar.
National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nur, I. 2016. Pemanfaatan Program GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1): 10-19.
OECD. 2019. PISA 2018 Insights and Interpretations. (Online). (https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf, diakses 18 September 2020).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru
Priatna, N. & Arsani, M. (2019). Media Pembelajaran Matematika dengan GeoGebra. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Primandari, A. H. (2010). Upaya Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Nanggulan dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Rajagukguk, W. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Penerapan Teori Belajar Brunner pada Pokok Bahasan Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan T.A. 2009/2010. Visi, 19(1), 427-442.
Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme dan pembelajaran Matematika. Jurnal Darul Ilmi, 2(2), 61-76.
Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Seminar Nasional FMIPA UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yunitasari, I. dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Mathematics Learning, 2(2), 1-11.