Penerapan Puzzle Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Engklek pada Materi Bangun Datar

Main Article Content

Cornelia Suryaningsih
Detalia Noriza Munahefi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan puzzle melalui inovasi permainan engklek dalam pembelajaraan matematika untuk mempermudah siswa dalam mempelajari bangun datar. Metode dalam penelitian ini adalah survey eksplorasi dengan pendekatan kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, konsultasi dengan pakar etnomatematika. Hasil dari penelitian ini bahwa permainan engklek dengan media puzzle dapat mengembangkan kemampuan kreativitas dan kognitif anak. Dalam proses permainannya terdapat unsur pendidikan karakter berupa kebersamaan, kejujuran, sportivitas dan lain-lain.

Article Details

How to Cite
Suryaningsih, C., & Munahefi, D. (2021). Penerapan Puzzle Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Engklek pada Materi Bangun Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 111-118. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45008
Section
Articles

References

Aprilia, Erly Dwi, dkk (2019).Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya Sebagai Bahan Ajar. jurnal matematika dan pendidikan matematika, 10( 1),85-94
Aviadita, Retasya. (2016). Pembuatan Game Brain Puzzle Melalui Permainan Engklek Dengan Puzzle Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Pada Anak. Skripsi. Surabaya: Fakultas Teknologi dan Informatika Institut Bisnis dan Informatika STIKOM.
Butsi, E. (2015). Pemanfaatan etnomatematik melalui permainan engklek sebagai sumber belajar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 155-162.
Hadi.2013.Ethnomathematics (Matematika dalam Perspektif budaya). (Online). (https://www.kompasiana.com/hadi_dsaktyala/551f62a4a333118940b659fd/ethnomathematics matematika-dalam-perspektif-budaya, diakses tanggal 22 Juni 2020)
Ismah dan Annisa Trista Dwitama.2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Konsep Permainan Engklek (Matlek). Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi.Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, ISSN, 2621-6477
Munawaroh,Hidayatu.(2017).Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 86-96
Ningrum,Aniklestari (2018).Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional.jurnal pendidikan usia dini, 11(20), 215 – 225
Pamungkas, Dani dkk.2014. Makalah Permainan Tradisional.(Online). (https://www.academia.edu/11604909/MAKALAH_PERMAINAN_TRADISIONAL, diakses tanggal 22 Juni 2020)
Priadi, Yiawla Ismarch, Filipus Priyo Suprobo, dan Poppy F. Nilasari. (2017).Implementasi Permainan Tradisional pada Perancangan Desain Elemen Interior untuk Anak-Anak”. JURNAL INTRA 5(2), 663-672
Rachman, Susianti.2018. Engklek dengan puzzle matematika. .(Online). (http://docplayer.info/56446013-Bab-i-pendahuluan-adventure-dengan-judul-engklek-dengan-puzzle-matematika-sebagai-upaya.html, diakses tanggal 22 Juni 2020)
Rusnilawati.2018.Metode Permainan Tradisional Engklek pada Pembelajaran Bangun Datar Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Siswa.(Online). (http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/429, diakses tanggal 22 Juni 2020)
Wijayanti,Ria dan Anita Trisiana.(2018). Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Iii. Jurnal Sinektektik. 1(2), 178-190
Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018, February). Menggali etnomatematika: Matematika sebagai produk budaya. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 471-476).