PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH), MEDIA INTERAKTIF EKOSISTEM, DAN KOMBINASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan strategi QSH, media interaktif ekosistem, dan kombinasi keduanya dan menentukan yang paling optimal digunakan pada pembelajaran ekosistem. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment Design, dengan menggunakan pola Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian terdiri atas seluruh siswa kelas X SMA PGRI 2 Kayen yang terdiri atas 7 kelas, dengan 3 kelas sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling.  Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 60% siswa kelas QSH, 82% siswa kelas flash, 100% siswa kelas kombinasi lulus KKM. Rata-rata n-gain ketiga kelas eksperimen mencapai kriteria sedang, dan hasil belajar afektif siswa mencapai kategori baik. Hasil uji hipotesis dilanjutkan dengan uji lanjut BNT menunjukkan bahwa kelas kombinasi paling optimal digunakan dalam pembelajaran ekosistem dibandingkan kedua kelas lainnya.The objective of the research to examine the effect of using QSH strategy, interactive media of ecosystem, and a combination of both and which is more optimal treatment used in the ecosystem. This research was Pre-Experiment Design, using pretest-posttest group design. The population in this research was all students X SMA PGRI 2 Kayen, while samples in this study was three classes taken using purposiv sampling. The results showed 60% of QSH class , 82% students of flash class, 100% of students of combination class pass KKM. N-gain result of third class reached medium criteria, and affective learning outcomes reach high category. Hypothesis results continued with LSD test showed that treatment of combination class was the most optimal in the learning ecosystem than the other two classes.
References
Khasanah Nur L, dkk. 2013. Efektivitas Strategi Question Student Have dan Media Powerpoint pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi 2 (1): 67-71.
Nurhayati S, Sudarmin, Mahatmanti W, Khodijah FD. 2009. Keefektivan Pembelajaran Berbasis Question Student Have dengan Bantuan Chemo-Edutaiment Media Key Relation Chartterhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 3 (1): 379-384.
Nursofi F & Budiyono A. 2011. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pelapisan dan Korosi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 11 (1): 25-30
Rahayu. E, Alvi. R, Meti. I, 2011. Achievement of Biology using Question Student Have Active Learning Observed from Learning Activity Of Student’s on XI IPA Grade of SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi, 3 (3): 58.
Riswani & Widayati. 2012. Model Active Learning dengan Teknik Learning Starts with a Question dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 10(2):8.
Smaldino E, Russel D, Heinich R & Molenda M. 2004. Intructional Teaching and Media for Learning. Upper Saddle River:New Jersey Columbius Ohio
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.
Suwarsono, A. 2014. Penerapan Strategi Belajar Question Student Have untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Dasar-dasar Elektronika Digital Kelas X di SMK Sunan Drajat Paciran Lamongan. Jurnal Pendidikan Tehnik Elektro, 3 (2): 1-7.
Taradipa r., Siswandari., Sumaryati s.2013. Pengaruh Kombinasi Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Akuntansi. Jupe uns. 2(1) : 146-154
Yusuf Y, Yustina, E Suryati. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii3 Smp Negeri I Rimba Melintang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Biogenesis. 8(2):16-17.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.