KUNCI DETERMINASI DAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INKUIRI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SMP

  • Herni Purnamasari Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Margareta Rahayuningsih Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Chasnah Chasnah Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Determination key, Flashcard, Inquiry, Living things’ classification

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas  kunci determinasi dan flashcard sebagai media pembelajaran inkuiri pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII SMP N 16 Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One-Shot Case Study. Populasi penelitian ini merupakan  kelas VII yang terdiri atas lima kelas. Sampel penelitian diambil tiga kelas dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari ketiga kelas sampel penelitian mampu mencapai indikator kinerja. Persentase aktivitas siswa ? 90 %, sedangkan analisis hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan klasikal ? 91%. Sebagian besar siswa dan guru IPA kelas VII memberikan tanggapan positif terhadap desain pembelajaran dengan menggunakan kunci determinasi dan flashcard sebagai media pembelajaran inkuiri. Penerapan pembelajaran dengan pemanfaatan kunci determinasi dan flashcard sebagai media pembelajaran inkuiri pada materi klasifikasi makhluk hidup terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 16 Pekalongan.

 

This research aimed  to examine the effectiveness of determination key and flashcard as a inquiry learning tool for the living thing classification subject based toward the result of learning and student activity of VII grade in SMP N 16 Pekalongan. This Research belongs to the Pre-Experimental Design with One-Shot Case Study. The population of this research were students on VII grade which consist of five  classes. Sample taken for this research was three classes with cluster random sampling technique. The result of this research showed  that result of learning and student activity from the third sample classes could reach the indicator of the successfulness. Percentage of student activity was  ? 90%, while analysis result of learning student shows that percentage of completeness classical was ? 91%. In addition, almost all the students and the science teacher of VII grade give positive feedback toward this learning design. Applying the  study  using determination key and flashcard as a inquiry learning tool for the living things’ classification subject based has been proven as an effective way toward the result of learning and student activity of VII grade in SMP N 16 Pekalongan.

References

Arsyad A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Kuhlthau CC.2010. Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide Journal 16 (1) 17-28.

Randler C. 2008. Teaching Species Identification-A Prerequisite for Learning Biodiversity and Understanding Ecology. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 4 (3) 223-231.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Rosdakarya.

Sulistina O, IW Dasna & SM Iskandar. 2010. Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Laboratorium Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 17 (1):82-88.

Surtikanti H, YH Adisendjaja & A Fitriani. 2001. Penerapan Metode Penemuan (Discovery dan Inquiry) Pada Kegiatan Laboratorium Biokimia Di Jurusan Pendidikan Biologi. Jurnal Pengajaran MIPA 2 (1):41-53.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Watson S & T Miller.2009. Classification and the dichotomus key tools for teaching identification (report). Article The Science Teacher:50-54 (diakses tanggal 17 Januari 2012)

Wena M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Zawadzki R. 2010. Is process-oriented guided-inquiry learning (POGIL) suitable as a teaching method in Thailands higher education?. Asian Journal on Education and Learning 1 (2):66 74.

Zubaidah S. 2008. Pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 15 (1):18-27.

Published
2012-12-05
Section
Articles