EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MIND MAPPING
Abstract
Penelitian bertujuan mendiskripsikan efektivitas model pembelajaran CIRC dengan mind mapping pada materi Invertebrata terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Wirosari. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Wirosari tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan metode Quasi experimental design dengan desain Nonequivalent control group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA (1, 2, 3, 4, dan 5). Sampel penelitian ini ditentukan secara Purposive sampling, yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji t dan normalitas gain, sedangkan data aktivitas dianalisis menggunakan uji t dan deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa setelah mengikuti pembelajaran nilai hasil belajar dan aktivitas kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar dengan t hitung 6,65 > t tabel 1,66, juga terdapat perbedaan signifikan pada aktivitas siswa dengan t hitung 6,65 > t tabel 3,07.
Â
Purpose of this research to describe the effectiveness of the learning model CIRC with mind mapping on Invertebrates material on the activities and results of class X student of SMAN 1 Wirosari. This study was carried out in class X IPA 1 and X IPA 2 SMA Negeri 1 Wirosari 2014/2015 school year using Quasi experimental design with Nonequivalent control group Design. The reasearch population was all students of class X IPA (1, 2, 3, 4, and 5). The research sample was determined by purposive sampling, namely class X IPA 1 and 2. Learning outcome data were analyzed using the t test and normality gain, while activity data were analyzed using the t test and descriptive percentages. Based on the analysis of the data found that after participating in the learning values ​​learning outcomes and activities of the experimental class is larger than the control class. There are significant differences in learning outcomes by t count of 6.65 > 1.66 t table, there are also significant differences in the activity of students with t count 6.65 > 3.07 t table.
References
Durukan, E. 2011. Effects Of Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Technique On Reading-Writing Skills. Educational Research and Reviews, 6(1):102-109.
Fadilah, A. 2012. Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) didukung Penggunaan Chemdiary Book. Unnes Journal chemistry in education, 2(1):67-73.
Fransiska, L. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Ips Sejarah Antara Model Pembelajaran Peta Konsep Dengan Model Pembelajaran Ceramah Bervariasi. Indonesia Journal of History Education, 1(1):6-9.
Jatmiko A, Maridi & J Ariyanto. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Disertai Media Komik Biologi Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VII-A Smp Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.Jurnal Pendidikan Biologi FIKP UNS, 5(1):15-25.
Khatimah H, St Wahidah Arsyad & A Naparin. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA A SMA Negeri 5 Banjarmasin Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated And Reading Composition (CIRC) Dengan Teknik Menggarisbawahi Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Wahana BioVolume,10:37-53.
Kristalia, D. 2013. Efektivitas Penggunaan Mind Mapping Dan Concept Map Untuk Pendalaman Materi IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[Permendikbud] Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia no 81A. 2013. Implementasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Riastiasari, T. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(3):34-41.
Saptono, S. 2009. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA UNNES.
Tirtiana, C.P. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akt Smk Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Economic Education Analyisis Journal, 2(2): 15-23.
Wahyuningsih D, Harlita & J Ariyanto. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Jurnal pendidikan Biologi,3(2):1-8.
Wulandari, S.R. 2010. metode Cooperative Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Karya Sastra. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1):58-63.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.