PROBLEM POSING CARD (PPC): MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kayen Pati. Penelitian ini merupakan penelitian Colaborrative Action Research (CAR). Tahap-tahap penelitian ini meliputi kegiatan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatandan 4) refleksi.Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus pada pembelajaran materi sistem pertahanan tubuh. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa setelah diterapkan PPC. Persentase keterampilan bertanya siswa meningkat dari siklus I sebesar 74.19%, siklus II sebesar 77.42% dan siklus III sebesar 90.32%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 67.74%, siklus II sebesar 70.97% dan siklus III sebesar 90.32%. Hasil analisis korelasi antara keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa menunjukkan hubungan positif dan signifikan dengan nilai korelasi (r) pada siklus I sebesar 0.452 dengan kategori sedang, siklus II sebesar 0.563 dengan kategori sedang dan pada siklus III sebesar 0.669 dengan kategori kuat. Hubungan positif tersebut diartikan semakin tinggi nilai keterampilan bertanya maka hasil belajar juga akan meningkat. Simpulan penelitian ini yaitu: PPCdapat meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas XI-IPA 2 SMA Negeri 1 Kayen Pati dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa.
Â
Â
This study aims to improve questioning skill and studentslearning outcomesof class XI-IPA 2 SMA Negeri 1 Pati Kayen. This research is Colaborration Action Research (CAR).The procedures of the research are: 1) planning, 2) acting, 3) observating and 4) reflecting.There are three cycles to do this research in the learning of system immune in human body.The results showed there are increased questioning skills and student learning outcomes after application ofPPC. The percentage of questioning skill is 74.19% of first cycle, 77.42% of second cycle and 90.32% of third cycle.Student learning outcomes also show theincreased from 67.74% of first cycle, 70.97% of the second cycle and 90.32% of the third cycle.The results of correlation analysis between the questioning skills and student learning outcomes showed positive and significant relation of the correlation (r) for  0.452 of first cycle in medium categorize, 0.563 of second cycle in medium categorize, and 0.669 of third cycle in strong categorize.This relation means that if the questioning skill is rise, so the result of the study is also rise.The conclusions of this research can be seen as following: PPC can improve the questioning skills and students learning outcomes of class XI-IPA 2 SMA Negeri 1 Kayen Pati and moreover there is a positive and significant relation between questioning skills and student learning outcomes.References
Astra, M.I., Umiatun, & M. Jannah . 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap Hasil Belajar Fisika dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika (8):135-143.
Cankoy, O & Darbaz, S. 2010. Effect Problem Possing Based on Problem Solving Instruction on Understanding Problem. Journal of Education 38: 11-24.
Deed, C. 2009. Strategic Questions: A Means of Building Metacognitive Language. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education20(3):481-487.
Fakhruddin & N. Oktaviani. 2009. Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem posing pada Materi Pokok Kinematika di kelas XI IPA MAN 1 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains 3 (1):10-16.
Ghasempour, Z., M.N. Bakar & G.R. Jahanshahlo. 2013. Innovation in Teaching and Learning Through Problem Posing Task and Metacognitive Strategies.International Journal Pedagogical Innovations 1 (1):53-62.
Herawati, O.D., R. Siroj & H.M. Djahir. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika 4 (1):70-80.
Jufri, W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Lestari, K.A et al. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Mengajarkan Materi Botani yang Terintegrasi pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Biologi 2 (3):278-281.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
________2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas: Menciptakan Perbaikan Berkesinambungan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sudarisman, S. 2013. Implementasi Pendekatan Kontekstual dengan Variasi Metode Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan IPA 2 (1):23-30.
Susatyo, E.B., K. Siadi & D.I. Marina. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Kimia melalui Strategi Interactive Question and Reading Orientation Berbasis Problem Posing. Jurnal inovasi pendidikan kimia 3 (2):463-468.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.