PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN FISHBONE DIAGRAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model guided inquiry berbantuan fishbone diagram terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Design dengan menggunakan pola non randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambarawa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII C (kelas kontrol). Data keterlaksanaan model guided inquiry berbantuan fishbone diagram diperoleh melalui angket tanggapan yang diisi oleh siswa. Data hasil belajar dalam ranah kognitif siswa dikumpulkan dari tes materi sistem pencernaan, ranah psikomotorik dan ranah afektif diperoleh melalui lembar observasi. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket skala psikologi siswa. Hasil uji hipotesis pengaruh model guided inquiry berbantuan fishbone diagram terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai χ2= 32,00 dengan p < 0,05 (p = 0,010) dan pengaruh model guided inquiry berbantuan fishbone diagram terhadap hasil belajar siswa diperoleh χ2= 20,67 dengan p < 0,05 (p = 0,014). Hal ini menunjukkan bahwa model guided inquiry berbantuan fishbone diagram berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar.
Â
This research aimed to examine the effect of guided inquiry models with fishbone diagram on students’s motivation and learning achievement on the subject of digestive system. This research was Quasi Experimental Design. The design of this research was non randomized control group pretest posttest. The population in this research was all students, VIII grade class at SMP Negeri 1 Ambarawa, VIII B grade class was treated as experimental class and VIII C as control class. Questionare was used to collect data of the implementation level guided inquiry models with fishbone diagram. Test was used to collect data of students learning achivement on cognitive, psychomotoric domains while affective domains were collected by observation. Psychology scale was used to collect data of students motivation. The hypothesis result of the influence of guided inquiry models with fishbone diagram toward upon students learning motivation was χ2= 32,00 with p < 0,05 (p = 0,010) and the influence guided inquiry models with fishbone diagram toward students learning achievement was χ2= 20,67 with p < 0,05 (p = 0,014). The model guided inquiry with fishbone diagram toward had significant effect upon students’ learning motivation and achievement.
References
Ambarsari, W. 2012. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Surakarta. Tesis. Solo: FMIPA UNS
Amir, T. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Amri, S dan Ahmadi K. I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Ardani, R dan N Suprapto. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Eksperimen Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 03(02):167-173
Ciardello, A. V. 2003. To Wander and Wonder:Pathways to Literacy and Inquiry Through Question-Finding. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 47(3) pp.228-239
Finamore, Dora C.D, et al. 2012. Electronic Media: A Motivational Strategy for Student Success. Online Journal of Distance Learning Administration, 15(1)
Solihatin, E. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara
Hakim, A. R. 2009. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Guided Discovery Pada Materi Pokok Pengaruh Manusia Dalam Ekosistem Siswa Kelas VII-D SMP PIRI Ngaglik Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga
Praptiwi. L, Sarwi., dan L. Handayani. 2012. Efektvitas Model Pembelajaran Ekskperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Unjuk Kerja Siswa SMP RSBI. Unnes Science Education Journal, 1(2): 93
Minner, Daphne D, et al. 2009. Inquiry Based Science Instruction-What Is It and Does It Matter? Result from a Research Synthesis Years 1984 to 2002. Journal Of Research In Science Teaching, 1:1-24
Nurochma, Rof., Maridi dan J Ariyanto. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Ranah Kognitif Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal FKIP UNS, h.39
Siregar, C D. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Guided Inquiry Pada Sub Konsep Pencemaran Air. Skripsi. Bandung : FMIPA UPI
Sofiani, E. 2011. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah
Strom, R K. 2012. Using Guided Inquiry To Improve Process Skills and Content Knowledge In Primary Science. Thesis. Science Education Montana State University.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.