KEEFEKTIFAN ADAPTIVE REMEDIAL TEACHING STRATEGY BERLATAR PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA JURUSAN IPS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Avika Dias Saputra
Suhito Suhito

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui letak dan sifat kesulitan belajar matematika peserta didik kelas XI IPS pada materi fungsi, (2) mengetahui keefektifan adaptive remedial teaching strategy berlatar pembelajaran aktif dalam mengatasi kesulitan belajar matematika jurusan IPS, (3) mengetahui keefektifan penerapan Adaptive Remedial Teaching Strategy berlatar pembelajaran aktif dalam mengatasi kesulitan belajar matematika SMA jurusan IPS kelas XI. Situasi sosial penelitian meliputi 12 peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bobotsari tahun pelajaran 2013/2014 sebagai subjek, serta aktivitas belajar mereka di sekolah dan di rumahnya. Prosedur penelitian meliputi tahap pra-lapangan, lapangan, dan analisis data. Penelitian menggunakan metode tes diagnostik, angket, wawancara, dan dokumentasi. Simpulan yang diperoleh (1) letak kesulitan belajar adalah keterampilan melakukan operasi bentuk aljabar, keterampilan prosedural menentukan komposisi / invers fungsi, penguasaan konsep komposisi, dan pengenalan notasi fungsi, (2) 75% peserta didik berkesulitan belajar akibat pengaruh internal dan 25% peserta didik berkesulitan belajar internal akibat pengaruh eksternal, (3) penerapan adaptive remedial teaching strategy berlatar pembelajaran aktif berhasil menyembuhkan kesulitan belajar matematika 10 dari 12 peserta didik

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saputra, A., & Suhito, S. (2015). KEEFEKTIFAN ADAPTIVE REMEDIAL TEACHING STRATEGY BERLATAR PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA JURUSAN IPS. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7437

References

Bogdan, R. & S. Taylor. 1975. Introduction to Qualitative Research Method. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Mercer, C.D & S.P Miller.1997. Educational Aspect of Mathematics Disabilities. Journal of Learning Disabilities 30(1): 47-56.Tersedia di http://math4lions.com/eReserves/2MillerMercer.pdf [diakses 31-1-2014]

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus.Yogyakarta: Nuha Litera.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Stefanich, G.P. 2007. Connecting Teaching and Learning. Proceedings 1st International Conference on Technology Based Learning with Disability. Ohio: Wright State University.

Miles, M.W., & A.M. Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Monisa, D. 2013. Analisis Kesesuaian Pelaksanaan Program Remedial Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi Kelas X Akuntansi SMKN 3 Padang Dengan Standar Pelaksanaan Remedial Dari Departemen Pendidikan Nasional 2008. Jurnal Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Padang (1) tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/download/392/219 [diakses 15-4-2014]

Widdiharto, R. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta : P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika)