Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Stoikiometri Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Problem Based Learning (PBL) Dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Reyke First Safitri Universitas Negeri Semarang Author
  • Sri Haryani Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/574tkt21

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, PBL, Stoikiometri, Berpikir Kritis

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan saat ini kurang memfasilitas kebutuhan belajar peserta didik. Diperlukan strategi yang sesuai untuk memetakan kebutuhan belajar siswa yaitu melalui pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi Problem Based Learning (PBL) dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan desain Quasi experimental dengan XI 2 SMAN 1 Tahunan jepara untuk kelas eksperimen dan XI 3 SMAN 1 Tahunan jepara sebagai kelas kontrol. Untuk kelas XI 2 diberi perlakuan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi PBL dan pada kelas XI 3 diberi perlakuan hanya menggunakan model PBL. Pemetaan kebutuhan belajar siswa dibagi menjadi 3 yaitu gaya belajar, minat, dan kesiapan belajar. Hasil analisis N-Gain diperoleh persentase 60,01%. Pada kelompok belajar 'perlu bimbingan' nilai persentase N-Gain sebesar 67,21% kategori cukup efektif, pada kelompok belajar 'cukup mahir' persentase N-gain sebesar 76,82% dengan kategori efektif dan kelompok belajar 'mahir' berada pada kategori cukup efektif dengan persentase 63,10%. Kelompok belajar cukup mahir memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis paling baik. Kemampuan berpikir kritis yang diukur menggunakan instrumen tes lebih baik dari instrumen non-tes. semakin sering siswa menerapkan gaya belajar uang dimilikinya maka semakin baik pula kemampuan berpikir kritis yang dimiliki. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-04-2025

Article ID

1324

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Stoikiometri Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Problem Based Learning (PBL) Dalam Kurikulum Merdeka. (2025). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 19(1), 41-50. https://doi.org/10.15294/574tkt21