Evaluasi Pelayanan Kependudukan dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pemerintah Desa Gedebeg Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora

Authors

  • An Nafi Churin Inin Universitas Negeri Semarang Author
  • Arif Wahyu Wirawan Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/baej.v6i2.26185

Keywords:

Pelayanan, Pelayanan Publik, Administrasi Desa

Abstract

Pelayanan kependudukan merupakan aspek penting dalam administrasi desa yang memengaruhi kualitas pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelayanan kependudukan oleh Kasi Pelayanan di Desa Medalem, Kabupaten Blora, dengan fokus pada dimensi kecepatan, akurasi, keterjangkauan, dan kepuasan masyarakat. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta divalidasi melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil menunjukkan berbagai kendala dalam pelayanan, seperti keterbatasan fasilitas (tangible), kurangnya kompetensi perangkat (reliability), sikap kurang ramah (empathy), prosedur berbelit (responsiveness), dan informasi layanan yang tidak jelas (assurance). Diperlukan perbaikan menyeluruh agar pelayanan lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Downloads

Published

2025-08-27

Article ID

26185