Pengaruh media Phet Simulation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber Energi di kelas IV SDN 2 Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang

Authors

  • Asih Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Bellia Regita Pramasty Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/xd23pv86

Keywords:

Media PhET Simulation, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media PhET terhadap hasil belajar siswa SDN 2 Sindangjawa Kec. Dukupuntang Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2021-2022. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) untuk melihat hasil belajar siswa di kelas kontrol, (2) untuk melihat hasil belajar siswa di kelas eksperimen, (3) untuk mengetahui pengaruh media phet simulation terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 42,4 dan kelas kontrol 41,2 hasil uji t diperoleh thitung = 0,311 dan ttabel = 1,708 karena thitung< ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 76 dan kelas kontrol yaitu 67,6. Hasil nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t  satu pihak dan diperoleh hasil 2,780>1,708 yaitu thitung > ttabel pada taraf nyata 0,50 maka (Ha) diterima dan HO ditolak. Oleh karena itu, ada pengaruh media phet simualtion terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV.

 

Downloads

Article ID

12025

Published

2024-08-30