Pengembangan media Liforik berbasis Macromedia Flash upaya peningkatan kompetensi menganalisis informasi iklan siswa kelas V
DOI:
https://doi.org/10.15294/ed0f5045Keywords:
Informasi Periklanan, Analisis, Media Liforik, Macromedia FlashAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media Liforic berbasis macromedia flash pada kompetensi menganalisis informasi iklan dalam upaya meningkatkan hasil belajar kompetensi menganalisis informasi iklan pada siswa kelas V SMA. SDN Baledono 1 Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model dari Borg and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Baledono 1 Purworejo yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas dan reliabilitas serta analisis data akhir dengan uji t dan uji n-gain. Dinyatakan sangat layak dengan nilai rata-rata sebesar 84,96% (77,94% ahli media dan 90,58% ahli materi). Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5,059 > 2,005 maka H0 ditolak. Sedangkan hasil peningkatan nilai rata-rata 9N-gain) pretest dan posttest siswa memperoleh hasil sebesar 0,47 dengan kriteria sedang. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media Liforic berbasis macromedia flash telah berhasil dikembangkan, layak berdasarkan hasil uji kelayakan ahli, dan efektif berdasarkan hasil uji efektivitas.
Downloads
Published
Article ID
12169Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ellen Angelina Subekti, Panca Dewi Purwati, Arif Widagdo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.