Pengembangan media diorama pada pembelajaran tematik Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Marindal 104211 Kec. Medan Amplas
DOI:
https://doi.org/10.15294/ge0dkm26Keywords:
media diorama, pembelajaran tematik, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media diorama untuk pembelajaran tematik dengan fokus pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD 104211 Marindal, guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Media diorama yang dirancang khusus berdasarkan tema “peduli terhadap makhluk hidup” menjadi subjek penelitian, sedangkan materi pembelajaran menjadi objeknya. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan formula untuk mengevaluasi kesesuaian media dan materi, yang kemudian menjadi panduan untuk melakukan revisi yang diperlukan pada produk yang dikembangkan. Proses validasi berdasarkan perhitungan dan penilaian dari para ahli melalui kuesioner, menunjukkan bahwa para ahli media memberikan skor 82% pada diorama, menunjukkan kesesuaian yang tinggi untuk digunakan dan dikembangkan. Para ahli materi memberikan skor 80%, mengkategorikannya sebagai cocok untuk penggunaan pendidikan. Umpan balik dari guru menunjukkan tingkat persetujuan 97%, dan tanggapan siswa mencapai 95%, yang keduanya menunjukkan bahwa media diorama sangat sesuai untuk integrasi dalam kelas. Kesimpulannya, media diorama secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV, terutama dalam pembelajaran tematik dengan fokus pada kepedulian terhadap makhluk hidup.
Downloads
Article ID
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tenti Armisah Gajah, Dara Fitrah Dwi (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.