Pengembangan media pop-up book pada materi Siklus Air untuk siswa kelas 4 SDN 1 Waung
DOI:
https://doi.org/10.15294/k99kbf43Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up BookAbstract
Penggunaan media pembelajaran mempunyai manfaat yang cukup besar dalam konteks pendidikan, khususnya dalam penyampaian materi pembelajaran yang kompleks, seperti materi Siklus Air pada mata pelajaran IPAS. Pengembangan media pop-up book pada pembelajaran materi siklus air pada siswa kelas 4 SDN 1 Waung bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book pada materi siklus air untuk siswa kelas 4 SDN 1 Waung. Proses pengembangan dilakukan melalui tahapan perencanaan, desain, produksi, dan evaluasi dengan menggunakan model ADDIE. Hasil evaluasi dan validasi media pop up book menunjukkan tingkat validitas yang tinggi, memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman siswa, semangat belajar, dan minat belajar siswa. Media ini juga dinilai sangat praktis dan mudah digunakan baik oleh guru maupun siswa, memberikan variasi pembelajaran yang menarik dan meningkatkan keterlibatan siswa. Uji coba media pop-up book di kelas membuahkan respon positif dari siswa, namun terdapat kelemahan terkait persepsi sebagian siswa mengenai kebosanan dalam pembelajaran. Secara keseluruhan media pop-up book dikembangkan dengan baik, memiliki tingkat validitas tinggi, praktis digunakan, dan memberikan hasil positif selama uji coba. Pengembangan selanjutnya perlu memperhatikan saran perbaikan untuk meningkatkan efektivitas media ini dalam menunjang pembelajaran siswa.
Downloads
Article ID
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dyah Ayu Nawang Wulan , Leny Suryaning Astutik (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.