Pengembangan Augmented Reality berbasis Assemblr Edu pada muatan pelajaran IPS kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.15294/9xea3q58Keywords:
Augmented Reality, Assemblr Edu, IPSAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan media berbasis teknologi yang belum optimal, rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji efektivitas media pembelajaran augmented reality berbasis assembler edu untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada konten IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran augmented reality dirancang dengan aplikasi Assemblr Edu agar lebih mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Hasil yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media sebesar 95,33% dan 98,33% dengan kriteria sangat layak. Data pretest dan posttest berdistribusi normal. Hasil uji t pada soal pilihan ganda dan soal uraian menunjukkan skor 0,00<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain menunjukkan adanya peningkatan sebesar 79% pada berpikir kritis dengan kategori tinggi dan 62% pada hasil belajar dengan kategori sedang. Hasil angket respon guru dan siswa menunjukkan skor 100% dengan kategori sangat layak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran augmented reality berbasis assemblr edu telah berhasil dikembangkan, sangat layak, dan efektif diterapkan pada mata pelajaran IPS kelas V. Saran dari penelitian ini adalah media pembelajaran augmented reality berbasis assemblr edu dapat diterapkan hingga konten pelajaran lainnya dengan desain yang lebih inovatif, interaktif, dan menarik.
Downloads
Article ID
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alan Setyo Wibowo, Galih Mahardika Christian Putra (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.