Pengembangan media pembelajaran berbasis Flipbook sebagai sumber belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD

Authors

  • Zinni Fitriasih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Desi Wulandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/hpadym51

Keywords:

Pembelajaran, Flipbook, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis flipbook sebagai sumber belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Tambakaji 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes melalui kegiatan pretest/postest, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Jenis penelitian adalah Research & Development (R&D) metode kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh (1) media pembelajaran berbasis flipbook terdapat 38 halaman berisi gambar, dan video penjelasanan materi IPA, soal latihan, serta penugasan; (2) media pembelajaran berbasis flipbook sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan ahli media sebesar 100% dan ahli materi sebesar 90%; (3) hasil uji t-test thitung  ≤ −ttabel atau -23.38506759  ≤ -2,052, menunjukkan terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest dan hasil uji n-gain diperoleh 0,557 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian yaitu media pembelajaran berbasis flipbook “sangat layak” diterapkan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Tambakaji 02 Kota Semarang meningkat. Saran dalam penelitian yaitu hendaknya guru mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV. 

Downloads

Published

2024-08-28

Article ID

12178