Pengembangan media pembelajaran berbasis Flipbook sebagai sumber belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.15294/hpadym51Keywords:
Pembelajaran, Flipbook, Sumber BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis flipbook sebagai sumber belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Tambakaji 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes melalui kegiatan pretest/postest, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Jenis penelitian adalah Research & Development (R&D) metode kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh (1) media pembelajaran berbasis flipbook terdapat 38 halaman berisi gambar, dan video penjelasanan materi IPA, soal latihan, serta penugasan; (2) media pembelajaran berbasis flipbook sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan ahli media sebesar 100% dan ahli materi sebesar 90%; (3) hasil uji t-test thitung ≤ −ttabel atau -23.38506759 ≤ -2,052, menunjukkan terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest dan hasil uji n-gain diperoleh 0,557 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian yaitu media pembelajaran berbasis flipbook “sangat layak” diterapkan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Tambakaji 02 Kota Semarang meningkat. Saran dalam penelitian yaitu hendaknya guru mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV.
Downloads
Published
Article ID
12178Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zinni Fitriasih, Desi Wulandari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.