Pengaruh media Bigbook Writing terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa sekolah dasar

Authors

  • Veronika Tebai Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Psikologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Sukardi Sukardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Psikologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/twys3815

Keywords:

Pembelajaran, Flipbook, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan uji efektivitas Media Bigbook Writing Berbasis Kesenian untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian R&D model Borg & Gall yang diadaptasi Sugiyono. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Sampangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media BigBook Writing berbasis kesenian sesuai analisis kebutuhan siswa dan guru Kelas III SD; 2) Hasil uji kelayakan Media BigBook Writing Berbasis Kesenian dinyatakan sangat layak digunakan; 3) Media BigBook Writing Berbasis Kesenian cukup efektif dalam ketrampilan menulis peserta didik kelas 3 SD dengan hasil Uji N-Gain Score 0,30 ≤ N-Gain (0.5137 & 0.5545) ≤ 0,70 kriteria “sedang” dan hasil Uji parsial sampel t-Test dengan nilai Signifikansi 0.000 < 0.05. 

Downloads

Published

2023-08-31

Article ID

12880