Pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif berbantuan video untuk meningkatkan hasil belajar PJOK
DOI:
https://doi.org/10.15294/qcvhxz18Keywords:
Media Pembelajaran, Powerpoint interaktif, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan desain, kelayakan, dan keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbantuan Video pada pembelajaran PJOK kelas V SDN 1 Purwosari. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis research and development (R&D). Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Borg and Gall dengan 6 langkah meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk. Tahap ujicoba pemakaian produk pada 6 anak yang diambil berdasarkan tingkatan akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Purwosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil 96,8% dan 93,75%.Keefektifan lembar kerja siswa dalam penggunaan lembar kerja siswa interaktif yang dihitung dengan rumus N-gain diperoleh 0,63 dengan kriteria tinggi, serta dari respon guru dan siswa yang memperoleh hasil 92,5% dan 91,4% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbantuan Video dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PJOK pada materi bola voli.
Downloads
Published
Article ID
12881Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gracieala Nadya Lawrance, Sutaryono (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.