PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KONSERVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Darmawan Pratama Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Psikologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Novi Setyasto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia Author
  • Fathurrahman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia Author
  • Suratno Suratno Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/a2v4bj16

Keywords:

Media, video animasi, konservasi, hasil belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan desain video animasi berbasis konservasi, kelayakan, dan keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Konservasi pada pembelajaran IPS kelas IV SDIT Izzatul Islam Getasan. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Borg and Gall dengan 8 langkah meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji kelompok kecil, revisi desain dan uji coba produk. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV SDIT Izzatul Islam Getasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil 93,75% dan 100%. Keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Konservasi dalam penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Konservasi yang dihitung dengan rumus N-gain diperoleh 0,32 dengan kriteria tinggi, serta dari respon guru dan siswa yang memperoleh hasil 87% dan 84,6% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Konservasi   dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi energi dan perubahannya.

 

Downloads

Published

2024-08-28

Article ID

12882