PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KONSERVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.15294/a2v4bj16Keywords:
Media, video animasi, konservasi, hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan desain video animasi berbasis konservasi, kelayakan, dan keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Konservasi pada pembelajaran IPS kelas IV SDIT Izzatul Islam Getasan. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Borg and Gall dengan 8 langkah meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji kelompok kecil, revisi desain dan uji coba produk. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV SDIT Izzatul Islam Getasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil 93,75% dan 100%. Keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Konservasi dalam penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Konservasi yang dihitung dengan rumus N-gain diperoleh 0,32 dengan kriteria tinggi, serta dari respon guru dan siswa yang memperoleh hasil 87% dan 84,6% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Konservasi dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi energi dan perubahannya.
Downloads
Published
Article ID
12882Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Darmawan Pratama, Novi Setyasto, Fathurrahman, Suratno Suratno (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.