Pengembangan media boneka tangan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV

Authors

  • Izzah Maulida Yahya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Psikologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Susilo Tri Widodo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/ykpe8416

Keywords:

Boneka Tangan, hasil belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media boneka tangan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media boneka tangan terhadap pembelajaran PPKn kelas IV SDN Sambong 02 Batang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan menurut Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan tahap validasi produk oleh ahli media diperoleh skor 97,5% dan oleh ahli materi diperoleh skor 93,75% dengan kriteria sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai tes awal dan tes akhir menggunakan uji N-Gain diperoleh skor 0,492 dengan kriteria sedang danpaired sample t test diperoleh hasil 0,000 > 0,05 maka Ha diterima atau H0 ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran boneka tangan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn.

Downloads

Published

2024-08-28

Article ID

12893