Hambatan dan tantangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.15294/9wvmet33Keywords:
Hambatan, Tantangan, Pendidikan Ilmu SosialAbstract
Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) disekolah dasar menghadapi berbagai hambatan dan tantangan,baik yang bersifat internal maupun eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan dan tantangan dalam pembelajaran IPS serta mengusulkan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut dalam konteks era revolusi 4.0.metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan mengunakan diskusi mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. penelitian menunjukan bahwa hambatan utama adalah faktor internal seperti kebosan siswa, kurang termotivasi dengan materi pembelajaran yang luas serta faktor eksternal seperti kurangnya keberagaman metode pembelajaran. Tantangan diera revolusi industri 4.0 antara lain penyesuaian kurikulum dan peningkatan kualitas guru, startegi yang dapat di gunakan guru adalah integrasi teknologi dalam pembelajaran, pengembangan keterampilan siswa dan peningkatan profesionalitas guru.
Downloads
Article ID
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Madya Indah Lestari (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.