Efektivitas Edukasi Mitigasi Bencana Berbasis Augmented Reality Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir Rob pada Siswa di SD Islam Hasanuddin 04 Semarang

Authors

  • Fajar Wahyushi Fuedsi Universitas Negeri Semarang Author
  • Cahaya Pramudita Universitas Negeri Semarang Author
  • Astria Rachmadani Universitas Negeri Semarang Author
  • Nafiatur Riwayati Universitas Negeri Semarang Author
  • Ghulamun Jaizun Universitas Negeri Semarang Author
  • Vina Nurul Husna Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

mitigasi bencana, literasi bencana, augmented reality, banjir rob

Abstract

Indonesia merupakan negara yang berada di kawasan rawan bencana. Di sisi lain, budaya literasi di Indonesia masih tertinggal jauh dari negara lainnya. Literasi kebencanaan yang dimiliki masyarakat masih sebatas pada informasi media cetak maupun media elektronik. Literasi bencana menjadi modal penting dalam melakukan mitigasi bencana. Literasi bencana dapat diperoleh melalui edukasi mitigasi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dari kegiatan edukasi mitigasi bencana berbasis teknologi augmented reality terhadap kesiapsiagaan bencana banjir rob pada siswa di SD Islam Hasanuddin 04 Semarang. Dalam mengumpulkan data digunakan desain pretest dan posttest. Terdapat 30 siswa sebagai variabel dalam menguji efektivitas kegiatan edukasi mitigasi bencana berbasis augmented reality. Dalam menganalisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kesiapsiagaan bencana pada siswa. Edukasi berbasis augmented reality terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana banjir rob. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penerapan teknologi augmented reality  secara luas dalam program edukasi mitigasi bencana di sekolah-sekolah.

Downloads

Article ID

9027

Published

2024-09-02