KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR BERDIFERENSIASI DI PRODI PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2023 KELAS PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.15294/harmony.v10i2.16570Keywords:
Diferent, History, Education, LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan media belajar berdiferensiasi dalam meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan hasil belajar mahasiswa di Prodi Pendidikan Sejarah Angkatan 2023 Kelas Palembang. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert yang mencakup indikator seperti relevansi media terhadap materi sejarah dan dampaknya terhadap hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa media belajar berdiferensiasi tidak hanya relevan dengan materi yang diajarkan tetapi juga mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep kompleks. Mayoritas mahasiswa merasa sangat terbantu oleh media ini, dengan video pembelajaran menjadi jenis media paling efektif. Selain itu, strategi pembelajaran yang menyesuaikan gaya belajar, minat, dan kemampuan mahasiswa terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang inklusif dan bermakna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media belajar berdiferensiasi merupakan pendekatan inovatif yang efektif dalam mendukung keberhasilan pembelajaran sejarah, sekaligus memberikan rekomendasi untuk pengembangan strategi pembelajaran yang adaptif di masa depan.