Pengenalan Budaya Ulos Batak Toba Melalui Media Edugame Wordwall sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.15294/harmony.v10i1.17524Keywords:
Ulos, Ulos Batak Toba, Character Education, Learning Media, Worldwall-based EdugameAbstract
Ulos merupakan jenis kain tenun yang memiliki desain dan motif tersendiri yang memiliki beragam makna mulai dari simbol restu, kasih sayang, dan persatuan. Ulos
tidak terdokumentasi dengan baik karena hanya diperkenalkan dari generasi ke generasi. Tujuan penelitian ini yaitu agar masyarakat khususnya peserta didik di Sekolah Dasar dapat mengenal macam-macam Kain Ulos Batak Toba, mengetahui fungsi dari tiap macam Kain Ulos Batak Toba, mengetahui makna yang terkandung dari corak yang ada pada tiap Kain Ulos Batak Toba, serta mengetahui nilai karakter yang ada pada tiap macam Kain Ulos Batak Toba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi literatur (library research), dengan mengumpulkan beberapa literatur dari internet berupa jurnal yang digunakan sebagai bahan kajian penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ulos Batak Toba terdiri dari beberapa macam,
diantaranya Ulos Mangiring, Ulos Bintang Maratur, Ulos Sadum, Ulos Ragi Hotang, dan Ulos Sibolang yang memiliki makna, tempat penggunaan yang berbeda, serta nilai karakter. Ulos tersebut diperkenalkan melalui media pembelajaran edugame berbasis
wordwall untuk mengajarkan nilai karakter pada peserta didik di Sekolah Dasar