PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERLIBATAN SISWA DALAM KELAS SEJARAH

Authors

  • Konny Rio Mameru Universitas PGRI Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/harmony.v10i1.17572

Keywords:

Pembelajaran Interaktif, Siswa, Sejarah

Abstract

Pembelajaran sejarah memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang identitas, budaya, dan peristiwa yang membentuk dunia saat ini. Namun, metode pengajaran yang cenderung monoton sering kali membuat siswa kehilangan minat. 
Metode yang digunakan adalah studi literatur, yang mengkaji berbagai penelitian sebelumnya untuk mengidentifikasi hubungan antara strategi pembelajaran interaktif dengan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran interaktif, seperti diskusi kelompok, simulasi sejarah, dan penggunaan teknologi digital, 
mampu meningkatkan keterlibatan emosional, kognitif, dan perilaku siswa. Strategi ini memberikan ruang bagi siswa untuk berdiskusi, bekerja sama, dan mengeksplorasi ide baru, sehingga meningkatkan pemahaman dan minat terhadap materi sejarah. Tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan teknologi dan kesiapan guru, dapat diatasi melalui pelatihan intensif bagi pendidik dan pengembangan metode yang disesuaikan dengan 
kebutuhan lokal. Penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran interaktif tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga berkontribusi pada pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih efektif. 

Downloads

Published

2025-06-01

Article ID

17572