DARI BOSAN JADI SEMANGAT: WORDWALL TINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.15294/harmony.v10i2.20623Keywords:
Wordwall, learning interest, learning outcomes, sociology, Classroom Action Research , Worldwall, Learning Outcomes, Sociology, Classroom Action ResearcAbstract
Proses penilaian merupakan bagian integral dari pembelajaran yang berfungsi untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran serta mengidentifikasi kekurangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Wordwall, sebagai aplikasi berbasis web, memungkinkan pembuatan berbagai jenis permainan berbasis tes yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Data diperoleh melalui metode tes, panduan observasi, dan catatan lapangan. Analisis hasil tes menunjukkan adanya peningkatan konsisten dalam hasil belajar siswa pada setiap siklus, dibandingkan dengan studi pendahuluan. Selain itu, observasi mengungkapkan bahwa penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Kriteria keberhasilan penelitian tercapai berdasarkan hasil implementasi tindakan di kedua siklus. Dengan demikian, Wordwall terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Sosiologi siswa.