PENERAPAN ILMU SOSIAL BERBASIS IPTEK DI KALANGAN REMAJA

Authors

  • Wafa Kamila Universitas Sriwijaya Author
  • Syarfira Sriwijaya Universitiy Author
  • Irfan Swanto Yusni Sriwijaya Universitiy Author
  • Sani Safitri Sriwijaya Universitiy Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/harmony.v10i2.22005

Keywords:

Pendidikan Ilmu Sosial, Remaja, IPTEK

Abstract

Artikel ini membahas penerapan ilmu sosial berbasis IPTEK di kalangan remaja serta dampaknya terhadap pola belajar dan kehidupan sosial mereka. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan menganalisis berbagai referensi terkait implementasi IPTEK dalam pembelajaran ilmu sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi berperan penting dalam meningkatkan akses terhadap materi pembelajaran, metode pengajaran interaktif, serta pengembangan keterampilan berpikir kritis di kalangan remaja. Namun, tantangan seperti penyalahgunaan media sosial, berkurangnya interaksi sosial secara langsung, serta ada kesenjangan akses terhadap teknologi, yang mana menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan strategi penerapan yang inovatif dan melalui suatu bukti supaya dapat memaksimalkan manfaat IPTEK dalam ilmu sosial, seperti penguatan kelembagaan pendidikan, kolaborasi antar lembaga, serta inovasi dalam metode pembelajaran. Dengan demikian, pemanfaatan IPTEK dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk kalangan remaja yang adaptif dan bisa berfikir kritis dalam menghadapi tantangan global.

Downloads

Published

2025-12-15

Article ID

22005