Strategi Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS melalui Penggunaan Media Inovatif Pada MGMP IPS di Kabupaten Kudus

Authors

  • Noviani Achmad Putri Prodi Pendidikan IPS, FISIP, UNNES Author
  • Asep Ginanjar Prodi Pendidikan IPS, FISIP, UNNES Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/harmony.v10i1.24220

Keywords:

Literasi Digital , Era Digital , Media Inovatif , Pembelajaran IPS

Abstract

Di era digital seperti sekarang ini penggunaan internet semakin massif termasuk dunia digital yang terus berkembang dan dipergunakan oleh berbagai kalangan termasuk dunia pendidikan. Maka dari itu guru saat ini dituntut untuk mampu mengemas sumber belajar ke dalam bentuk media pembelajaran berbasis digital. Metode pelaksanaan kegiatan penelitian ini dengan metode kualitatif yang menggunakan pendekatan Participatoy Rural Appraisal (PRA). Data primer diperoleh langsung melalui wawancara, observasi lapangan, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD) untuk memperoleh data mendalam dari subyek penelitian, yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS di Kabupaten Kudus serta para peserta didik. Data sekunder diperoleh dari sumber tambahan pihak lain, berupa sumber pustaka dan dokumentasi dari lembaga yang relevan. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis digital merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh guru IPS SMP dimana peserta didik di SMP merupakan digital native generation yang sejak lahir tumbuh dan berkembang diantara kemajuan teknologi digital yang sangat masif. Melalui kegiatan penelitian ini, guru dapat meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis digital sehingga pembelajaran IPS akan lebih relevan dengan kehidupan peserta didik.

Downloads

Published

2025-06-01

Article ID

24220