Analisis Problemika dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran IPS SD di Era Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.15294/harmony.v9i1.3128Keywords:
Learning Evaluation, Social Science, Independent SynchronizationAbstract
Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan penilaian dan pengukuran yang biasanya dilakukan di dalam kelas. Peran evaluasi pembelajaran sangat diperlukan karena menjadi komponen penting untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik memahami pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan atau studi literatur. Penelitian ini menggunakan hasil penelitian atau data yang telah ada sebagai referensi argument. Hasil pembahasan menemukan bahwa problemika pelaksanaan evaluasi pembelajaran biasanya bersumber dari pendidik dan peserta didik diantaranya masih banyak guru yang belum menjalankan proses evaluasi secara efektif, guru tidak lagi melakukan evaluasi pembelajaran setelah pembelajaran selesai, teknik penilaian yang dilaksanakan sangat monoton, rumusan evaluasi tidak terintegrasi dengan tujuan pembelajaran, kesulitan dalam mengerjakan evaluasi non-tes. Upaya yang dapat dilakukan diantaranya guru harus sering mengikuti berbagai pelatihan seminar implementasi evaluasi pembelajaran.