KONTRIBUSI MATA PELAJARAN IPS TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP DAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.15294/harmony.v10i2.35486Keywords:
Attitude, Entrepreneurship, Junior High School, InnovativeAbstract
Perkembangan Pendidikan abad 21 tentunya akan menuntut setiap Siswa agar mampu memiliki keterampilan berpikir kritis, inovastif, kreatif, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi. Pelajaran IPS di tingkat sekolah SMP, tentunya memiliki potensi yang sangat besar dalam membentuk sikap dan juga keterampilan berwirausaha melalui materi-materi ekonomi, geografi, sosiologi dan juga sejarah. Dengan survei pada 200 siswa SMP di Bekasi, hasil menunjukkan materi IPS memiliki pengaruh signifikan terhadap kreativitas, inovasi, keberanian mengambil risiko, dan komunikasi. Yang dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Artikel ini memperkaya diskusi dengan tabel, grafik hasil analisis data, serta pembahasan mendalam berbasis referensi ilmiah terbaru (2019–2024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ekonomi dalam IPS memberikan pengaruh tertinggi yakni, (β=0,35), sedangkan materi geografi sebesar (β=0,30), sejarah (β=0,25), dan sosiologi (β=0,20) dan nilai signifikansi secara keseluruhannya adalah (p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa struktur materi IPS tidak hanya mendukung sisi kognitif, namun juga mampu memperkuat jiwa berwirausaha Siswa. Penelitian ini tentunya menjadi rekomendasi penting bagi guru IPS untuk mampu memanfaatkan Pembelajaran yang berbasis potensi local dan juga proyek kontekstual agar hasilnya mampu menjadi lebih optimal.