Analisis Kendala Guru Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Kelas IV-B SDN Tunjung 1 Bangkalan

Authors

  • Gesti Kinasih Hardhini Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Hendra Charinta Yundayana Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Widyana Nurfajar Isnaeni Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Farah Gita Firdaus Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Siti Apriliya Lailatus Sa’adah Universitas Trunojoyo Madura Author
  • Ahmad Sudi Pratikno Universitas Trunojoyo Madura Author

Keywords:

Kurikulum Merdeka, IPAS, Constraints

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kendala yang yang dihadapi oleh guru
pada pembelajaran IPAS kurikulum mereka di kelas IV-B SDN Tunjung 1 Kecamatan
Burneh Kabupaten Bangkalan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan
observasi. Hasil penilitian ini yaitu guru ketika melakukan pembelajaran IPAS kurikulum
merdeka dikelas IV-B di SDN Tunjung 1 telah berjalan dengan lancar, akan tetapi
kendala yang guru hadapi yaitu guru kesulitan mengembangkan aspek P5 ada
pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum merdeka. Hal itu disebabkan karena
kurikulum merdeka belajar masih baru. Dilaksanakan, guru masih beradaptasi dengan
kurikulum merdeka belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kendala
yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPAS kurikulum merdeka di
kelas IV-B SDN Tunjung 1 yaitu Guru masih kesulitan mengembangkan aspek P5 pada
pembelajaran IPAS.

Author Biographies

  • Gesti Kinasih Hardhini, Universitas Trunojoyo Madura

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Hendra Charinta Yundayana, Universitas Trunojoyo Madura

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Widyana Nurfajar Isnaeni, Universitas Trunojoyo Madura

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Farah Gita Firdaus, Universitas Trunojoyo Madura

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Siti Apriliya Lailatus Sa’adah, Universitas Trunojoyo Madura

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Downloads

Article ID

4203

Published

2025-02-28