Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Mata Pelajaran PKN Pada Sekolah dengan Profil Visi Pancasila di SMPN 03 Kediri

Authors

  • M. Ubaidillah Ridwanulloh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri Author
  • Ekky Putri Theana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri Author

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Pelajaran PKn, Sekolah Pancasila

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter berbasis
Pancasila dan multicultural melalui mata pelajaran PKn SMPN 03 Kediri. Pendidikan
pancasila di SMPN 3 Kediri secara sepintas tercermin dalam visi sekolah yang berprofil
pancasila. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan implementasi pendidikan Kewarganegaraan berbasis pancasila
dibagi menjadi tige berdasarkan tingkatan kelas. Pada kelas 7, pendidikan PKn lebih
banyak mengenalkan pendidikan kenegaraan, Pancasila, dan pendidikan multicultural
secara keseluruhan. Selanjutnya pada kelas 8, pendidikan PKn difokuskan untuk lebih
banyak belajar praktek di masyarakat, baik dalam bentuk simulasi kecil atau langsung
berkecimpung ke dunia masyarakat dengan berbagai bentuk dan varian. Berikutnya pada
kelas 9, pendidikan PKn lebih banyak terkonsentrasi pada pematangan pembentukan
karakter berprofil Pancasila. Pengaruh pendidikan multicultural dalam PKn menjadi
mudah bagi siswa dalam memahami budaya dan sifat teman serta mengetahui cara
penyelesaian konflik di masyarakat. Tujuannya menjadikan hubungan antar teman dan
masyarakat bisa semakin rukun meskipun dengan teman yang berbeda agama serta dapat
menyelesaikan masalah dengan teman tanpa emosi.

Downloads

Article ID

4402

Published

2025-02-28