Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII H SMP Negeri 20 Semarang

Authors

  • Isfarikha Universitas Negeri Semarang Author
  • Lucy Fiventina Universitas Negeri Semarang Author
  • Muh. Sholeh Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/harmony.v10i1.4452

Keywords:

Collaboration, Problem Based Learning, education, Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatakn keterampilan kolaborasi peserta didik melalui penerapan model 
pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII H SMP 
Negeri 20 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengambilan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi secara langsung selama proses 
pembelajaran berlangsung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis data kualitatif dengan indikator keberhasilan penelitian berupa peningkatan persentase ketercapaian indikator keterampilan kolaborasi, dimana indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi 
peserta didik pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase skor keterampilan kolaborasi siswa sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase skor keterampilan kolaborasi siswa sebesar 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.

Downloads

Published

2025-06-01

Article ID

4452