PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI WILAYA SUKAMORO
DOI:
https://doi.org/10.15294/harmony.v10i1.4550Keywords:
Social Sciences, Character, Learning, EthicsAbstract
Penelitian ini membahas tentang penanaman pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS. Penanaman sikap sosial ini biasa ditanamkan melalui pendidikan formal yaitu sekolah, dikarenakan sekolah merupakan lemabaga dari pemerintahan. Sekolah adalah
tempat dimana terjadinya suatu interaksi antara para peserta didik dengan rekan sebaya dan juga para pengajar. Pendidikan karakter bukan sekedar pengarahan konwledge mengenai informasi, tetapi peduli terhadap nilai-nilai yang ditanamkan dalam kebiasaan
yang baik yang dapat membuat peserta didik menjadi paham (kognitif), dapat merasakan (afektif), maupun melakukan yang baik (psikomotorik). Hal itu diperkuat dengan ungkapan oleh Dammon (2002) bahwa “Charachter as an individual’s set psychological
characteristics that affect that person’s ability and inclination to function morally”. Metode pada penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penggunaan jenis penelitian ini dikarenakan peneliti ingin mengetahui dan memberikan gambaran mengenai penanaman pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS di wilayah
Sukamoro pengimplementasian pendidikan karakter dari pembelajarn IPS yang dipelajari.