Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Make A Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik

Authors

  • Ragil Sujiyanto Universitas Negeri Semarang Author
  • Yuni Sholeh Universitas Negeri Semarang Author
  • Harto Wicaksono Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/harmony.v10i1.5028

Keywords:

Problem Base Learning, Make a Match, Collaboration

Abstract

Pada zaman modern peserta didik di tuntut untuk memiliki suatu keterampilan. Salah satu keterampilan yang penting untuk selalu ditingkatkan adalah kemampuan kolaborasi. Keterampilan kolaborasi dapat menumbuhkan rasa tanggun jawab, memberikan pengalaman, 
meningkatkan karakter yang baik serta melatih kekompakan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan 
untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 31 Semarang dengan mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis make a match pada pembelajaran IPS. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus dengan total 4 pertemuan. Metode penelitian mengunakan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata nilai yang di peroleh dari siklus I adalah 79,17 kemudian meningkat pada 
siklus II sebesar 83,20 kategori ini dapat di klasifikasikan dari kolaboratif menjadi sangat 
kolaboratif. Uji N-Gain pada penelitian ini menunjukan hasil 0.56 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan 
kolaborasi pada siswa kelas VIII C. hal ini di perkuat dengan antusian siswa dalam kolaborasi kelompok.

Downloads

Published

2025-06-01

Article ID

5028