Penerapan Model Problem Based Learning dipadu Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Akademik IPS

Authors

  • Ramero Saragi Universitas Negeri Semarang Author
  • Nunung Mudji Setiyaningtiyas Universitas Negeri Semarang Author
  • Tijan Setiyaningtiyas Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/harmony.v10i1.5204

Keywords:

Prestasi Akademik, Problem Based Learning, Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik IPS melalui penerapan model Problem Based Learning dipadu Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 32 Semarang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian yaitu kelas VIII-F yang berjumlah 30 peserta didik. Data diambil menggunakan instrumen tes dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya, terjadi kenaikan rata-rata nilai prestasi akademik pada setiap siklus dengan standar Kriterita Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 75. Nilai rata-rata prasiklus sebelum penggunaan model sebesar 44,69 (≤75). Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi akademik menjadi 71,84 (≤75). Selanjutnya, pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi akademik menjadi 81,66 (≥75). Hasil tersebut 
diperkuat dengan uji coba N-Gain pada pra-siklus ke siklus I diperoleh N-Gain sebesar 0,51 dan pada siklus I ke siklus II diperoleh N-Gain sebesar 0,36. Dari kedua hasil N-Gaintersebut menunjukkan peningkatan terjadi pada taraf sedang. Berdasarkan hasil tersebut 
maka peneliti menyimpulkan penggunaan model Problem Based Learning dipadu Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi akademik IPS.

Downloads

Published

2025-06-01

Article ID

5204